Translate

EnglishFrenchGermanSpainItalianDutch RussianPortugueseJapaneseKoreanArabicChinese Simplified

20101030

Sistem Saraf (Yumeiho)

Jika pada posting sebelumnya kita sudah membahas pengenalan Tulang Belakang , kali ini akan kita bahas mengenai Sistem Saraf, meskipun singkat semoga bermanfaat.

Sistem Saraf berperan penting dalam mengoordinasi dan mengontrol aktifitas yang kita lakukan. Sel-sel saraf dihubungkan satu sama lain untuk membentuk jaringan komunikasi yang sangat luas. sel-sel saraf membawa pesan dalam bentuk impuls elektrik. Impuls-impuls (pesan) ini bergerak dengan kecepatan tinggi di seluruh tubuh agar tetap terpelihara dan berfungsi secara normal.

Sistem Saraf terbagi menjadi 2 sistem utama :
  1. Sistem saraf central (pusat), yang terdiri atas otak dan sumsum belakang atau korda spinalis. Tugasnya menerima informasi dari semua bagian tubuh kita, menganalisis dan menyimpan informasi tersebut, lalu mengirimkan perintah berdasarkan informasi yang diterima oleh otak. Sumsum belakang adalah ibarat jalan tol komunikasi dari sistem saraf yang utama. Sumsum belakang memanjang dari batang otak ke bawah sepanjang bagian belakang tubuh. Sumsum belakang juga berperan penting dalam banyak gerak refleks yang cepat tanpa kita perlu berfikir sehingga menyebabkan kita dapat bereaksi dengan cepat jika terjadi bahaya. Sumsum belakang memanjang dari otak ke bawah tepat di tengah punggung. jaringan sumsum yang lunak terlindung di dalam tulang belakang. saraf-saraf muncul secara teratur dari celah-celahnya. biasanya bagian saraf motorik ke depan dan bagian sensorik ke belakang. Di dalam leher dan punggung bawah saraf-saraf spinal bergabung membentuk hubungan-hubungan yang disebut pleksus, tempat asal saraf-saraf besar.
  2. Sistem saraf tepi / perifer. Sistem ini terbagi menjadi 3 bagian yaitu :
  • Neuron Sensorik ( sel-sel saraf ) yang mengantarkan informasi tentang apa yang terjadi di dalam dan di luar tubuh ke sistem saraf pusat.
  • Neuron motorik system saraf somatic yang membawa perintah dari system saraf pusat ke otot-otot agar menggerakan bagian tubuh tertentu.
  • Neuron motorik system saraf autonomic yang membawa perintah dari system saraf menuju organ-organ dan kelenjar. perintah-perintah ini mengontrol fungsi-fungsi automatik seperti kerja jantung, pencernaan, dan pernafasan. System saraf autonomic ini terdiri dari sistem simpatik dan parasimpatik.
Dari uraian di atas dapat kita fahami bahwa betapa pentingnya kesehatan tulang belakang, karena susunan saraf manusia berpusat pada tulang belakang. Dan Tulang belakang yang sehat sangat tergantung pada kesehatan tulang pinggul kita.

Dislokasi pinggul kanan akan menyebabkan gangguan peredaran darah pada kaki kanan dan mengakibatkan rasa sakit pada otot-ototnya. begitipun dislokasi pada pinggul kiri.




Artikel Terapi Yumeiho






Popular Posts

Blog Archive

 
© Copyright 2035 INFO HERBAL
Theme by Info Herbal